Kontak Kami
Beranda » Blog » 2 metode pemasangan kusen pada dinding cor maupun beton

2 metode pemasangan kusen pada dinding cor maupun beton

Diposting pada 16 Maret 2023 oleh ahyarul umam / Dilihat: 1.909 kali / Kategori:

Metode pemasangan kusen menggunakan angkur besi dan baut dynabolt

Pemasangan kusen pada dinding cor adalah proses yang penting dalam pembangunan atau renovasi sebuah bangunan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memasang kusen pada dinding cor, di antaranya adalah angkur besi dan baut dynabolt. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang kedua metode tersebut:

Angkur besi

Metode pemasangan kusen dengan angkur besi dilakukan dengan cara menempelkan angkur besi pada dinding cor yang telah dibuat sebelumnya. Angkur besi biasanya terbuat dari baja yang ditempa dan dirancang dengan bentuk segitiga atau silinder. Angkur besi dipasang dengan cara dipaku pada dinding cor menggunakan bor dan palu.

Setelah angkur besi dipasang pada dinding cor, kusen ditempelkan pada angkur besi tersebut menggunakan bantuan sekrup. Metode pemasangan kusen dengan angkur besi ini sangat efektif dan tahan lama, namun memerlukan proses pemasangan yang lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Baut dynabolt

Metode pemasangan kusen dengan baut dynabolt lebih sederhana dibandingkan dengan angkur besi. Pemasangan kusen dengan baut dynabolt dilakukan dengan cara menempelkan baut dynabolt pada dinding cor menggunakan bor. Setelah baut dynabolt terpasang pada dinding cor, kusen ditempelkan pada baut dynabolt tersebut menggunakan sekrup.

Kelebihan metode pemasangan kusen dengan baut dynabolt adalah proses pemasangan yang lebih mudah dan cepat, namun kurang tahan lama dibandingkan dengan metode pemasangan kusen dengan angkur besi. Baut dynabolt cenderung lebih mudah lepas dari dinding cor jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dalam memilih metode pemasangan kusen pada dinding cor, sebaiknya dipertimbangkan kebutuhan dan kebutuhan bangunan serta anggaran yang tersedia. Kedua metode pemasangan tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan asalkan dilakukan dengan benar dan dengan peralatan yang tepat.

kelebihan dan kekurangan pemasangan kusen memakai baut dynablot dan angkur besi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemasangan kusen menggunakan baut dynabolt dan angkur besi:

Kelebihan pemasangan kusen menggunakan baut dynabolt:

  • Kuat dan tahan lama: Baut dynabolt terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama sehingga dapat menopang kusen dengan baik.
  • Mudah dipasang: Pemasangan baut dynabolt relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.
  • Tidak merusak struktur bangunan: Pemasangan baut dynabolt tidak merusak struktur bangunan karena tidak perlu melakukan pengikisan pada dinding.
  • Bisa dipasang pada berbagai jenis material: Baut dynabolt dapat dipasang pada berbagai jenis material, seperti beton, batu bata, maupun kayu.

Kelemahan pemasangan kusen menggunakan baut dynabolt:

  • Harga relatif mahal: Baut dynabolt memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan cara pemasangan kusen lainnya.
  • Membutuhkan pengetahuan khusus: Untuk pemasangan yang tepat, diperlukan pengetahuan khusus mengenai cara memasang baut dynabolt.
  • Tidak bisa dipasang pada dinding tipis: Baut dynabolt tidak dapat dipasang pada dinding yang terlalu tipis karena dapat merusak dinding tersebut.

Kelebihan pemasangan kusen menggunakan angkur besi:

  • Kuat dan tahan lama: Angkur besi juga terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama sehingga dapat menopang kusen dengan baik.
  • Mudah dipasang: Pemasangan angkur besi relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.
  • Bisa dipasang pada berbagai jenis material: Angkur besi juga dapat dipasang pada berbagai jenis material, seperti beton, batu bata, maupun kayu.
  • Lebih ekonomis: Harga angkur besi lebih ekonomis dibandingkan dengan baut dynabolt.

Kelemahan pemasangan kusen menggunakan angkur besi:

  • Merusak struktur bangunan: Pemasangan angkur besi dapat merusak struktur bangunan karena membutuhkan pengikisan pada dinding.
  • Tidak bisa dipasang pada dinding tipis: Seperti halnya baut dynabolt, angkur besi juga tidak dapat dipasang pada dinding yang terlalu tipis karena dapat merusak dinding tersebut.
  • Membutuhkan perawatan khusus: Angkur besi memerlukan perawatan khusus agar tidak berkarat atau rusak.

Kesimpulannya, baik baut dynabolt maupun angkur besi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam pemasangan kusen. Pemilihan cara pemasangan kusen tergantung pada kebutuhan, keadaan bangunan, dan budget yang tersedia

Tags: , , ,

Bagikan ke

2 metode pemasangan kusen pada dinding cor maupun beton

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 metode pemasangan kusen pada dinding cor maupun beton

WhatsApp us