Kontak Kami
Beranda » Blog » Pintu Rumah Opening Swing, Sliding, dan Pivot – Manakah yang Lebih Baik?

Pintu Rumah Opening Swing, Sliding, dan Pivot – Manakah yang Lebih Baik?

Diposting pada 6 September 2023 oleh Ahyar umam / Dilihat: 561 kali / Kategori:

Pintu Rumah Opening Swing, Sliding, dan Pivot

Meskipun sering dianggap sebagai elemen arsitektur sederhana namun nyatanya sebuah pintu rumah memiliki peran yang sangat penting dalam tampilan dan fungsionalitas rumah. Saat Anda merenovasi atau memilih pintu baru untuk rumah Anda, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan utama, termasuk pintu swing (ayunan), pintu sliding (geser), dan pintu pivot. Ketiga jenis pintu ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artikel ini akan membahas keuntungan dan kerugian dari masing-masing jenis pintu kayu ini, membantu Anda memilih pintu yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan untuk rumah Anda.

Pintu Swing (Ayunan)

Pintu swing adalah jenis pintu yang paling umum dan familiar bagi banyak orang. Ini adalah pintu yang terpasang pada engsel di salah satu sisi dan membuka dengan cara digeser atau ditarik. Berikut adalah beberapa pertimbangan tentang pintu swing:

Kelebihan:

  1. Tampilan Tradisional: Pintu swing memberikan tampilan rumah yang lebih tradisional dan klasik. Mereka cocok untuk rumah-rumah dengan gaya arsitektur yang klasik atau kontemporer.
  2. Keamanan: Pintu swing cenderung lebih aman daripada pintu sliding karena mereka sulit untuk ditembus. Ini adalah pilihan yang baik jika keamanan adalah prioritas Anda.
  3. Isolasi: Pintu swing biasanya lebih efektif dalam menjaga suhu dan kebisingan di dalam rumah, terutama jika mereka memiliki peredam suara dan insulasi termal yang baik.

Kekurangan:

  1. Ruangan Dibutuhkan: Pintu swing memerlukan ruang kosong di depannya untuk membuka, sehingga mungkin tidak cocok untuk rumah dengan ruang terbatas atau teras yang kecil.
  2. Tidak Cocok untuk Cuaca Ekstrem: Di daerah dengan cuaca ekstrem seperti hujan lebat atau angin kencang, pintu swing dapat menjadi kurang praktis karena cenderung terbuka atau tertutup dengan susah payah.

Pintu Sliding (Geser)

Pintu sliding adalah jenis pintu yang bekerja dengan menggeser di sepanjang jalur. Mereka umumnya terdiri dari dua panel kaca atau kayu, satu yang diam dan satu yang bergerak. Berikut adalah beberapa pertimbangan tentang pintu sliding:

Kelebihan:

  1. Tampilan Modern: Pintu sliding memberikan tampilan rumah yang lebih modern dan minimalis. Mereka sering digunakan dalam desain rumah bergaya kontemporer.
  2. Penggunaan Ruang: Pintu sliding cocok untuk rumah dengan ruang terbatas atau teras yang kecil karena mereka tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuka atau menutup.
  3. Pemandangan: Jika Anda memiliki pemandangan alam yang indah di luar rumah Anda, pintu sliding dengan panel kaca besar akan memungkinkan Anda menikmati pemandangan tersebut tanpa hambatan.

Kekurangan:

  1. Keamanan: Pintu sliding cenderung kurang aman daripada pintu swing karena mereka lebih mudah untuk dibuka oleh pihak yang tidak diundang.
  2. Isolasi: Pintu sliding mungkin kurang efisien dalam menjaga suhu dan kebisingan di dalam rumah karena sambungannya cenderung tidak begitu rapat.
  3. Perawatan: Pintu sliding memerlukan perawatan yang lebih sering, terutama jika mereka bergerak di sepanjang jalur yang kotor atau berdebu.

Pintu Pivot

Pintu Pivot Jati

 

Pintu pivot adalah jenis pintu yang unik karena poros engselnya terletak di tengah pintu, memungkinkan pintu untuk berputar saat dibuka atau ditutup. Berikut adalah beberapa pertimbangan tentang pintu pivot:

Kelebihan:

  1. Tampilan Unik: Pintu pivot memiliki tampilan yang sangat unik dan modern. Mereka dapat menjadi pusat perhatian yang menarik dalam desain rumah Anda.
  2. Fleksibilitas Desain: Pintu pivot dapat diadaptasi untuk berbagai ukuran dan gaya. Mereka dapat menjadi pilihan yang menarik untuk rumah dengan desain interior yang beragam.
  3. Isolasi: Pintu pivot cenderung lebih efisien dalam menjaga suhu dan kebisingan di dalam rumah daripada pintu sliding.

Kekurangan:

  1. Biaya: Pintu pivot cenderung lebih mahal daripada pintu swing atau sliding karena konstruksinya yang lebih kompleks.
  2. Perawatan: Pintu pivot memerlukan perawatan yang lebih cermat untuk memastikan poros engselnya tetap berfungsi dengan baik.
  3. Penggunaan Ruang: Seperti pintu swing, pintu pivot juga memerlukan ruang kosong di depannya untuk membuka, sehingga perlu diperhatikan dalam perencanaan ruang.

Sebelum memilih jenis pintu kayu untuk rumah Anda, pertimbangkan dengan cermat gaya rumah Anda, kebutuhan fungsional, dan anggaran Anda. Pintu swing cocok untuk tampilan tradisional dan keamanan, pintu sliding cocok untuk tampilan modern dan penggunaan ruang efisien, sementara pintu pivot menawarkan tampilan unik dan fleksibilitas desain. Pilihlah pintu yang paling sesuai dengan karakter rumah Anda untuk menciptakan tampilan dan fungsi yang sempurna.

Pintujepara.com dapat menjadi sebagai solusi terbaik untuk belanja product pintu rumah bahan kayu solid dengan mudah, tanpa ribet, dan gratis ongkir. Segera hubungi nomer kontak yang telah kami sediakan untuk pemesanan secara online dan info lebih lanjut

Tags: , ,

Bagikan ke

Pintu Rumah Opening Swing, Sliding, dan Pivot – Manakah yang Lebih Baik?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pintu Rumah Opening Swing, Sliding, dan Pivot – Manakah yang Lebih Baik?

WhatsApp us